7 Hal Penting Sebelum Melakukan Pengiriman Kargo

Spread the love

Saat ini proses pengiriman barang menuju ke luar negeri sudah sangat mudah untuk dilakukan. Baik bagi perusahaan yang memang bergerak di bidang eksport hingga pelaku online shop yang hendak mengirimkan barangnya ke konsumen.

Pengiriman kargo sudah mampu menjangkau berbagai negara di dunia. Apabila kegiatan ini dilakukan secara rutin dan berkala maka Anda sebagai pelaku bisnis harus mampu memahami hal-hal penting terkait pengiriman tersebut. Sebab terdapat beberapa negara tujuan yang masing-masingnya memiliki peraturan yang berbeda-beda.

Apa Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengirimkan Kargo?

Agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman barang tersebut, artikel ini akan membahas secara lebih lanjut hal-hal penting yang harus Anda pahami berikut ini.

  1. Memahami Regulasi Negara Tujuan

Sebelum Anda mulai mengirimkan barang Anda ke luar negeri, maka sebaiknya ketahui dan pahami berbagai regulasi yang diterapkan di negara tujuan lokasi diterimanya barang Anda. Berbagai hal seperti jumlah pengiriman yang dapat dilakukan, jenis-jenis barang apa sajakkah yang bisa dikirimkan dan diterima, dan lain-lain.

Setiap negara biasanya memiliki aturan berbeda-beda untuk prosedur penerimaan barang tersebut. Sehingga Anda perlu memahami terlebih dahulu untuk memastikan bahwa barang Anda dapat sampai kepada penerima dengan aman dan selamat. Anda bisa mencari tahu berbagai regulasi tersebut melalui internet atau bahkan si penerima langsung.

  1. Mencari Tahu Informasi Biaya Pengiriman Kargo

Melakukan pengiriman barang ke berbagai pulau di Indonesia berbeda dengan melakukan pengiriman ke negara lain, terutama persoalan biaya yang dibebankan. Biaya yang dilakukan berdasarkan skala internasional tentu akan lebih mahal daripada antar pulau saja. Sehingga Anda perlu menghitungnya terlebih dahulu, termasuk biaya yang nanti dikeluarkan untuk pembayaran pajak dan bea cukai.

Masing-masing negara memiliki aturan pembayaran tentang pajak dan bea cukai yang berbeda-beda. Namun jika Anda tidak ingin diribetkan dengan persoalan ini, Anda dapat menggunakan jasa ekspedisi kargo ke luar negeri. Hal ini tentu lebih praktis sebab Anda tidak perlu lagi menghitung biaya tersebut secara mandiri. Bahkan jasa ekspedisi sudah langsung menghitung beban biaya termasuk pajak dan bea cukai tersebut.

  1. Memastikan Pengepakan Dilakukan Dengan Baik

Hal mendasar yang mempengaruhi keamanan barang Anda sampai ke penerima dengan baik adalah memastikan pengepakan yang dilakukan dalam kondisi yang baik. Sebaiknya Anda menggunakan pelindung tambahan seperti packing dengan kayu dan banyak bubble wrap untuk menghindari kerusakan tersebut. Hal ini menjadi sangat penting mengingat lamanya waktu pengiriman ke luar negeri itu sendiri.

  1. Menggunakan Jasa Ekspedisi Terpercaya

Untuk menghemat biaya dalam melakukan pengiriman barang sekaligus memudahkan dalam proses pengirimannya, maka menggunakan bantuan jasa ekspedisi jauh lebih baik. Jasa ekspedisi tentu sudah menjamin bahwa barang tersebut akan sampai ke lokasi tujuan dengan selamat dan aman. Namun Anda memastikan bahwa jasa yang Anda pilih merupakan jasa terpercaya agar pelayanannya tidak mengecewakan.

  1. Jujur Terhadap Isi Dari Barang yang Dikirimkan

Kendala yang sering kali terjadi dalam pengiriman kargo yaitu ketidaksesuaiannya isi barang dengan keterangan yang tertera dalam resi. Sehingga Anda haruslah mengatakan secara jujur apa isi dari paket yang hendak Anda kirimkan tersebut, jangan sampai berbeda dengan keterangannya. Sebab nantinya dapat menimbulkan masalah saat pengiriman bahkan bisa saja dibongkar ketika terjadi ketidaksesuaian.

Pihak jasa ekspedisi dan pelabuhan atau bandara tentu sudah memiliki kewenangan sendiri untuk dapat membongkar sekaligus memeriksa barang tersebut. Jika memang sudah sesuai antara isi dan keterangannya maka Anda dan penerima pun dapat melakukan komplain apabila barang tersebut dibongkar oleh otoritas pelabuhan dan bandara.

  1. Memperhatikan Nomor Resi

Nomor resi sangat penting digunakan untuk melakukan tracking real time dimana posisi paket Anda berada dalam perjalanan. Selain itu juga untuk menginformasikan kepada penerima agar dapat melakukan tracking juga. Anda juga harus benar-benar memastikan bahwa Anda sudah membayarnya secara lunas biaya pengiriman tersebut sebelum resi dikeluarkan. Terkecuali jika sudah ada perjanjian atau berlangganan antara jasa ekspedisi dan pengirim.

  1. Memastikan Alamat Tujuan Lengkap dan Benar

Penting untuk Anda memastikan kebenaran alamat tujuan penerima sehingga tidak menyulitkan kurir dalam mengantarkan barang Anda. Jika memang alamat tujuan merupakan perusahaan besar maka hal tersebut bukan sebuah kesulitan, namun berbeda jika hanya konsumen biasa.

Sehingga hal tersebut perlu diperhatikan sebagai tolak ukur apabila barang Anda tidak sampai ke lokasi tujuan karena alamat tertuju pindah atau sulit ditemukan. Sebab barang kemudian akan dimasukkan ke dalam gudang, dan terdapat jangka waktu tertentu untuk dapat diambil.

Apabila ke tujuh hal tersebut sudah Anda pahami dengan baik dan benar maka melakukan pengiriman bukanlah hal yang sulit lagi. Meskipun menggunakan bantuan jasa ekspedisi namun setidaknya Anda juga harus memahami berbagai hal tersebut. Sehingga apabila terjadi kendala, Anda dapat dengan mudah menjawab berbagai informasi yang dibutuhkan.